Wednesday, September 17, 2014

Teori Innefabilitas Menurut Allamah Thabatabai

Teori Innefabilitas Menurut Allamah Thabatabai
oleh; Sayid Ahmad Fazeli
alih bahasa; Muhammad Nur Jabir
Abstrak
Tulisan ini mencoba memaparkan beberapa konsep innefabilitas, menurut Allamah Thabatabai. Pada tulisan sebelumnya kami mengutarakan beberapa konsep innefabilitas dalam pandangan W.Stace dan William James. Pada tulisan kali ini kami mencoba mengutarakan beberapa pandangan innefabilitas khususnya dari  beberapa gagasan pemikir Islam Allamah Thabatabai. Beberapa persoalan yang akan diuraikan dalam tulisan ini adalah apakah absolut dapat diekspresikan ? jika wahdatul wujud melazimkan keabsolutan apakah hal ini berarti bahwa tak ada bahasa yang dapat menggambarkan konsep wahdatul wujud ? lalu apa sebenarnya makna dari innefabilitas ? apakah maksudnya bahwa pengalaman irfani wahdatul wujud tidak bisa dikonsepsikan, ataukah tidak bisa dipahami, ataukah tidak bisa dilogikakan ? jika demikian, lalu kata seperti tak terbatas, tak terhingga, paradoks, dan kata ‘absolut’ ini muncul dari mana ? apakah maksud dari innefabilitas bahwa akal tak mampu menjangkaunya karena sudah diluar tapal batas akal ? tulisan ini ingin menunjukkan bahwa pengalaman irfani wahdatul wujud yang absolut dan tak terbatas dapat diekspresikan secara global namun tidak secara terperinci, namun akal yang digunakan bukan lagi akal paripatetik.   
Kata kunci; Allamah Thabataba’i, innefabilitas, ketidakmungkinan-dikonsepsi, irrasioanal, akal, potensi fantasi.  
Mukaddimah
Pada tulisan sebelumnya, kami telah memaparkan gagasan konsep innnefabilitas menurut William James. Sebenarnya kami masih ingin melanjutkan tulisan sebelumnya dengan gagasan pemikiran barat lainnya, namun akan lebih baik jika pada tulisan kali ini kami tetap mengangkat konsep innefabilitas akan tetapi dalam pandangan pemikir Islam, khususnya Allamah Thabataba’i. Tujuannya agar terjadi komparasi pemikiran antara barat dan Islam dalam melihat persoalan innefabilitas.
Allamah Thabataba’i salah satu filsuf hikmah muta’aliyah dengan maslak irfani. Bisa juga disebut sebagai filsuf Sadrian yang menerima ontologi irfani. Dalam kata lain, menerima ontologi irfani dengan kacamata Sadra. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengangkat gagasan Allamah Thabataba’i mengenai innefabilitas dalam beberapa karyanya, khususnya pada risālah Allamah Thabataba’i. Sebagaimana diketahui bahwa innefabilitas merupakan sebuah gagasan yang menjelaskan bahwa yang mutlak, absolut, tak terbatas, dan khususnya pada maqam zat, tidak dapat diekspresikan. Teori Allamah Thabataba’i ini disebut dengan ketidakmungkinan-dikonsepsikan karena Allamah ingin menjelaskan innnefabilitas melalui konsep. Namun dalam tulisan ini, kami tidak hanya mengangkat gagasan Allamah Thabataba’i, tapi juga memaparkan teori lainnya dalam menjelaskan innefabilitas. 
     
1.      Teori Innefabilitas Allamah Thabataba’i; ketidakmungkinan-dikonsepsikan.
Allamah Thabatabai memiliki beberapa bentuk analisa dalam menjelaskan innefabilitas. Sebagai contoh, dalam uraiannya Allamah menegaskan persoalan tersebut dengan kalimat ; ‘[bahwa sesungguhnya hal tersebut] telah keluar dari batasan pemaparan’;
« قد عرفت أن مقتضى البرهان المذكور في الفصل الثالث ارتفاع كل تعين مفهومي و تحديد مصداقي عن الذات و أنحاء كل تميز هناك حتى هذا الحكم بعينه.و من هنا يظهر أن استعمال لفظ المقام و المرتبة و نحوهما هناك مجاز من باب ضيق التعبير.و من هنا يظهر أن التوحيد الذاتي بمعنى معرفة الذات بما هو ذات مستحيل فإن المعرفة نسبة بين العارف و المعروف و قد عرفت أن النسب ساقطة هناك و كل ما تعلق من المعرفة به فإنما بالاسم دون الذات و لا يحيطون به علما و إليه يرجع ما ذكروا أن المعرفة على قدرالعارف مثال ذلك‏الاعتراف من البحر فإن القدح مثلا لا يريد إلّا البحر لكن الذي يأخذه على قدر سعته.و يظهر أيضا أنه خارج عن حيطة البيان‏» (طباطبایی، 1387، 15)
Sebagaimana pemaparan Allamah Thabatabai diatas, inti argumentasi yang diutarakan oleh penulis merujuk pada tulisan lainnya. Tulisan Allamah berkenaan dengan hal tersebut sebagai berikut:
« حيث ان كل مفهوم منعزل بالذات عن المفهوم الآخر بالضرورة فوقوع المفهوم على المصداق لا يختلف عن تحديد ما للمصداق بالضرورة و هذا ضروري للمتأمل و ينعكس إلى أن المصداق الغير المحدود في ذاته وقوع المفهوم عليه متأخر عن مرتبة ذاته نوعا من التأخر و هو تأخر التعين عن الإطلاق.و من المعلوم أيضا أن مرتبة المحمول متأخر عن مرتبة الموضوع و حيث أن الوجود الواجبي صرف فهو غير محدود فهو أرفع من كل تعين اسمي و وصفي و كل تقييد مفهومي حتى من نفس هذا الحكم فلهذه الحقيقة المقدسة إطلاق بالنسبة إلى كل تعين مفروض حتى بالنسبة إلى نفس هذا الإطلاق ‏» (همان، 7 ـ 6)

Kesimpulan dari argumentasi innefabilitas ini sebagai berikut:
1.      Setiap konsep secara zati [pada hakekatnya] berbeda dari konsep yang lainnya.
2.      Maka setiap konsep secara zati [pada hakekatnya] terbatas.
3.      Maka terjadinya setiap konsep terhadap mishdaqnya menunjukkan keterbatasan mishdaq.
4.      Oleh karena itu, korespondensi konsep pada mishdaq yang tak terhingga adalah mustahil.
5.      Maka terjadinya konsep pada mishdaq yang tak terhingga, lebih terakhir dari tingkatan zat-Nya.     
6.      Proses keterakhiran tersebut, keterakhiran terdeterminasi dari mutlak.
7.      Kata-kata adalah denotasi atas konsep-konsep.
8.      Maka tingkatan tak terhingga tak dapat dikonsepsikan maka tak dapat diekspresikan.
Argumentasi diatas bisa dianalisa dalam beberapa padangan. Pertama, keterbatasan akan terbedakan antara satu dengan yang lainnya, suatu hal yang tak perlu diragukan, jika pembeda tersebut adalah pembeda kontras (tamâyuz taqâbulȋ). Jelas, pembeda kontras berkaitan dengan realitas eksternal karena konsep sebagaimana konsep memang berbeda secara zati antara satu dengan yang lain. Dalam kata lain, difrensiasi konsep tidak menunjukkan atas keterbatasan secara mishdaq dimana konsep tersebut diambil darinya. Yang saya maksud bahwa mungkin saja pada tempat lain dapat membuktikan perkara ini bahwa pengabstraksian konsep menunjukkan keterbatasan mishdaq namun difrensiasi konsep tidak dapat  menunjukkan hal tersebut.
Kedua, difrensiasi merupakan bagian dari partikularitas dan lebih layak dalam memulai membicarakan partikularitas absolut yang merupakan dasar difrensiasi absolut. Dalam difrensiasi absolut, mutlak terpartikularisasi dan oleh karenanya terbedakan namun tidak terbatas. Tentu, hubungannya dengan sisi yang berhadapan dengannya, bukan perbedaan [secara totalitas] (diversity/tabâyun).
Ketiga, denotasi kata-kata atas konsep-konsep adalah ruang ambigu sebagaimana yang telah dibahas pada teori sebelumnya yang juga akan dibahas secara detail pada pasal ketiga yang akan datang.
Bagian keempat, asumsi innefabilitas maqam absolut dan mengurainya dengan kata-kata seperti absolut, maqam, tak terhingga, dan seterusnya. Namun perlu kami ingatkan bahwa kata-kata tersebut tidak menjelaskan hakekat maqam tersebut, bahkan kata-kata itu sendiri menyalahi konsep innefabilitas sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya pada pembahasan istilah ‘ekspresi’. Ekspresi meliputi penegasan, majazi, hakiki, dan seterusnya, dan dalam pemaknaan, seakan muncul dalam wadah lafas dan tidak dikhususkan pada jenis bentuk tertentu akan lafas. Bahkan Allamah sendiri menerima bahwa pada sisi tertentu kita dapat mengekspresikan maqam tersebut. Namun ekspresi, tidak menceritakan hakekat konsep atas zat. Yang mengherankan, Allamah meyakini bahwa terjadinya konsep atas sebuah tingkatan, lebih terakhir dari zat tersebut, yaitu terjadinya konsep atas mishdaq yang tak terhingga.
Kelima, yang menjadi  titik permasalahan menurut Allamah ‘terjadinya’ konsep pada mishdaq yang tak terhingga. Sekarang pertanyaannya, apa itu konsep (mafhum) dan dari sesuatu apa diabstraksikan ? jika konsep diabstraksi dari mishdaq yang tak terhingga dan gambaran abstraksi seperti ini dimungkinkan, lalu mengapa kebalikannya – yaitu inthibâq (penglarasan)  – tidak dimungkinkan ? hal lainnya, jika konsep didapatkan dari mishdaq tak terhingga, apakah terjadinya pada mishdaq menjadi terakhir atas terjadinya konsep pada mishdaq yang tak terbatas ?
Keenam, ia mengatakan, terjadinya konsep pada mishdaq yang tak terhingga adalah mustahil. Pertanyaannya adalah;  apa maksud dari kata ‘mishdaq yang tak terhingga’ atau kata lain yang serupa dengannya ? apakah kata-kata tersebut tidak memiliki penterapan-penterapan sebagai konsep ? maka kekuatiran dari penterapan kata ‘konsep’ dan sebagai gantinya adalah ‘mishdaq yang tak terhingga’ merupakan penolakan akan asumsi innefabilitas.
Namun, dengan memberikan warna lebih pada ‘tak terhingga’, dapat diperoleh penguraian lain mengenai innefabilitas. Berkenaan dengan hal ini, kami akan membahasnya pada pembahasan selanjutnya dengan tema ‘tak-mungkin-diketahui’.
Ketujuh, argumentasi Allamah bertujuan untuk menjelaskan bahwa zat tak mungkin dikonsepsikan, maka oleh karenanya ‘tak terekspresikan’, namun objek pembahasannya  adalah ‘tak terekspresikannya’ penyaksian-penyaksian irfani, bukan hanya diperuntukkan pada penyaksian zat. Dalam kata lain, jika persoalannya pada kemustahilan terjadinya konsep pada zat adalah melazimkan adanya pembatasan, maka syuhud dan ilmu lainnya pada zat – atas dasar argumentasi tersebut – akan melazimkan keterbatasan dan hal tersebut mustahil. Maka tak ada sesuatu yang dapat dibicarakan dan tak ada sesuatu yang dapat dipahami dikarenakan konsepnya pun tak ada. Persoalan ini merupakan sebuah bentuk pengetahuan global pada maqam zat dan juga sekaligus sebagai justifikasi adanya konsep global pada maqam zat, namun konsep semata, bukan esensi (mahiyah) yang terbatas.
Kedelapan, Ibn Arabi menegaskan bahwa pembahasan mengenai ke-innefabilitas-an penyaksian-penyaksian tidak berhubungan dengan batasan, keterbatasan, atau ketidak-terbatasan.
«...كل إشارة دقيقة المعنى تلوح في الفهم لا تسعها العبارة و هي من علوم الأذواق و الأحوال فهي تعلم و لا تنقال لا تأخذها الحدود و إن كانت محدودة في نفس الأمر و لكن ما يلزم من له حد و حقيقة في نفس الأمر أن يعبر عنه ‏»
 (Ibn Arabi, 2, 503).
Sebagaimana yang terlihat diatas, kelaziman akan keterbatasan adalah bukan ‘kemungkinannya untuk diekspresikan’. Berdasarkan hal ini, dapat dipahami bahwa pokok penting innefabilitas yang diasumsikan oleh para urafa, bukan ketidakterbatasan, namun innefabilitas dalam pandangan urafa adalah mungkin saja – juga – meliputi katerbatasan-keterbatasan. Apa yang menjadi pokok pembahasan penting kali ini adalah menjelaskan innefabilitas menurut urafa, bukan menjelaskan konsep universal ketidakmungkinan ekspresi [innefabilitas]. Sebagai contoh, Allamah Thabatabai menguraikan dalam beberapa bentuk penjelasan innefabilitas, akan tetapi apakah sama sekali maksudnya bukan innefabilitas dan atau bertentangan dengan perkataannya sendiri. Sebagai contoh Allamah menulis:
«و من هنا یعلم أن لها مرتبه فوق مرتبه البیان اللفظی لو نزلت الی مرتبه البیان دفعتها العقول العادیه اما لکونها خلاف الضرورة عندهم، أو لکونها منافیا للبیان الذی بینت لهم به و قبلته عقولهم.» (Thabatabai, 153, 1382)
Sebagaimana terlihat diatas, innefabilitas yang dimaksud yaitu jika diungkapkan maka akan diingkari oleh rasionalitas kalangan awam. Pada mukaddimah pasal ini [tulisan sebelumnya] ketika menjelaskan satu persatu gagasan-gagasan yang ada, terlihat adanya pembauran sesuatu dengan innefabilitas pengalaman-pengalaman irfani. Sebelumnya dijelaskan bahwa  penghalang-penghalang ekspresi tidak sama dengan persoalan innefabilitas sebagaimana yang dimaksud oleh urafa. Begitu pula, mungkin saja terdapat sebuah penjelasan yang bertentangan dengan gagasan-gagasan populer yang dijelaskan sebelumnya. Persoalan lainnya yang sangat penting, Allamah sendiri menjelaskan kemungkinan terjadinya ekspresi bahasa dan kemudian satu-persatu menjelaskan penghalang-penghalang sosial akan bahasa tersebut. Oleh karena itu, pengalaman irfani itu sendiri menurut Allamah, dapat diekspresikan.
Pada kesempatan lain, Allamah menjelaskan bahwa salah satu penghalang ekspresi bahasa dikarenakan kemungkinan pengkafiran oleh orang lain karena level pemahaman yang rendah. Namun pada saat yang sama, Allamah mengisyaratkan sebuah riwayat bahwa apa yang kami sembunyikan dari anda, lebih banyak dari apa yang kami tampakkan pada anda, dan bagian rahasia pengetahuan ini hanya disampaikan pada ahli batin. Berdasarkan dengan dalil ini, sebagian dari sahabat Nabi adalah Ashhabul Asrar [memiliki ruhaniyah batiniyah]. Pada pembagian ini juga terlihat bahwa penghalang bentuk ekspresi yang dimaksud, bukan menjadi objek pembahasan innefabilitas irfani. Bahkan sebaliknya, bagian kedua menegaskan kemungkinan ekspresi yaitu dengan kalimat ‘jika kami jelaskan’ atau ‘yang tidak kami jelaskan itu lebih luas’ atau ‘kami hanya menjelaskan pada ahli batin”. (ibid, 154-156).
2.      Ketidakmungkinan-diketahui
Argumentasi yang didasarkan pada ketidamungkinan-diketahui untuk innefabilitas karena ilmu terhadap Tuhan itu tidak mungkin, sedangkan ekspresi merupakan bagian dari pengetahuan, maka Tuhan adalah innefabilitas. Sayyid Haydar Amuli secara ringkas mengargumentasikan persoalan tersebut sebagai berikut:
« اعلم انّ حقيقة التوحيد اعظم و اجلّ من ان يحيط بها عقل من حيث العبارة، او يصل إليها فهم من حيث الإشارة، لانّ العبارة، في طريق تحقيقها، حجاب، و الإشارة، على وجه إشراقها، نقاب، لانّها منزهة من ان تصل الى كنهها ايدى العقول و الافهام، مقدّسة عن ان تظفر بمعرفتها الحقيقية تصرفات الأفكار و الأوهام.»   (Amuli, 348)
Untuk menganalisa lebih jauh argumentasi diaatas, pertama-tama mesti ditentukan, sesuatu apa yang tidak mungkin diketahui ? jawabannya bahwa mustahil memiliki pengetahuan terhadap zat dari sisi hakekatnya. Berkenaan dengan hal tersebut, terdapat beragam uraian:
 « و لما كان الحق سبحانه من حيث حقيقته في حجاب عزه، لا نسبة بينه و بين ما سواه- كما سبق التنبيه عليه- كان الخوض فيه من هذا الوجه و التشوّق إلى طلبه تضييعا للوقت و طلباً لما لا يمكن تحصيله ‏» (Qunawi, 26-27),
Hakekat mutlak tidak mungkin diketahui karena pengetahuan menunjukkan aspek keterjangkauan terhadap objek yang diketahui, sedangkan keterjangkauan terhadap hakekat mutlak bermakna pembatasan terhadap tak terhingga dan hal tersebut mustahil (Jami, 27, 1370).
Attar juga mengargumentasikan innefabilitas berdasarkan ‘ketidakmungkinan-diketahui’ dan argumentasinya juga bersandar pada ketidakterbatasan:
Dia dekat kepada kita dan kita padanya jauh dan jauh
Namanya Sultan para ayam bagi burung-burung
Tak ada batasan, setiap bahasa adalah namanya
Dalam singgasana kemuliaannya adalah ketenangannya
Kapankah sampainya ilmu dan pikiran pada dia yang disana
Dia tak hinggap di kepala dengan dirinya pada dia yang disana
(Attar, bait 718, 713-714)
Hajwiri dalam menjelaskan persoalan ini mengatakan:
“[Rasulullah saw] mengatakan dengan benar, dan dengarkanlah perkatannya; ‘oleh karena telah sampai pada puncak, maka bahasa dalam menyingkap jalal menjadi bisu dan hati menjadi bingung dalam hakekat keagungannya. Pengetahuan dari persepsi menjadi terhenti, bahasa dari ibarat menjadi lumpuh” (Hajwiri, 294).
Setelah diketahui bahwa pengetahuan adalah relasi dan relasi adalah sebuah bentuk pembatasan, maka pada maqam hakekat absolut sama sekali tak ada relasi,  oleh karenanya tak satupun pengetahuan yang mampu sampai ke sana (Qunawi, 6-7, 1370).
Maka pada maqam hakekat absolut zat yang tak mungkin diketahui, beberapa analisis-analisis di dalam filsafat Islam, banyak ditemukan juga persoalan serupa. Sebagai contoh, Mulla Sadra juga memahami bahwa pengetahuan terhadap Tuhan pada aspek tersebut (maqam zat) adalah mustahil. Ia mengatakan bahwa objek yang diliputi [yang terbatas] tidak akan dapat meliputi objek yang membatasi [yang tak terbatas] (Syirazi, 22-23, 1381). Analisa ini merupakan bentuk analisa lain selain dari analisa yang telah dijelaskan sebelumnya.
Namun penegasan Urafa adalah berkaitan dengan kemustahilan ilmu terperinci pada inti zat, sebab ilmu secara global pada zat masih dimungkinkan:
(Jami,29, 1370)         «ولا الظفر به الا بوجه جملی وهو أن وراء ما تعین امر به ظهر کل متعین»
Dalam kata lain, meskipun mustahil menemukan Tuhan pada inti hakekat dan pada kedalaman hakekatnya secara terperinci, namun mengetahui diri-Nya di dalam manifestasi-manifestasi adalah dimungkinkan (Kharazmi, 194, 1368). Bahkan Sadra sendiri menegaskan bahwa mustahil sebuah akibat memiliki ilmu secara terperinci terhadap hakekat zat sebab. Sadra juga menjelaskan bahwa akibat memiliki ilmu hudhuri terhadap sebab namun sebatas kadar keluasan eksistensinya, bukan seluas maqam zat yang absolut dan tak terhingga. Tetapi mesti dipahami bahwa argumentasi Sadra tidak relevan dengan maqam pembahasan ini, meskipun Sadra juga menggunakan ayat qur’an; Allah memperingatkanmu terhadap diri-Nya (ali-imran;30) sebagaimana urafa juga menggunakannya dan menjelaskan argumentasinya berkaitan dengan maqam zat Tuhan. Namun sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pada maqam zat, relasi atau nisbah dinafikan, dan penisbahan relasi kausalitas pada-Nya adalah sebuah bentuk kesalahan. Namun bagaimanapun itu, dalam sistem filsafat Sadra, sebuah akibat dimungkinkan untuk memiliki ilmu hudhuri ‘secara global’ pada sebab, dan hal ini bukan hanya dikhususkan pada pengetahuan sebuah akibat pada sebab, bahkan dalam sistem filsafat Sadra, pengetahuan terhadap akibat tidak akan mungkin diketahui oleh siapa pun tanpa pengetahuan terhadap sebabnya. Oleh karena itu, mengetahui setiap akibat, pada hakekatnya meliputi juga pengetahuan terhadap Tuhan. Hal lainnya bahwa sama sekali tidak diragukan mengapa eksistensi atau ‘ada’ dinisbahkan pada maqam tersebut, dan atas dasar inilah hal tersebut disebut dengan badihi (Nasafi, 30, 1386 / Qayshary, 14, 1375). Hal tersebut merupakan salah satu mishdaq dari pengetahuan global pada maqam tersebut, sebagaimana yang diuraikan oleh Qunawi pada uraian sebelumnya dan juga dinukil oleh Jami.
Allamah Thabatabai meyakini bahwa yang sampai kepada Tuhan bukan hanya para Nabi semata, bahkan dimungkinkan pada seluruh keberadaan. Allamah mengutarakan alasannya sebagai berikut:
          «وشهود الظاهر لایخلو من شهود الباطن لکون وجوده من اطوار وجود الباطن و رابطاً بالنسبه الیه» (Thabatabai، 1382، 167)
Mesti dipahami bahwa kata ‘batin’ pada kalimat diatas tidak mesti dimaknai sebagai yang berhadapan dengan kata ‘zahir’, bahkan meliputi juga maqam absolut. Karena dalam lanjutan pembahasannya Allamah mengisyaratkan ayat-ayat yang berkaitan dengan cakupan luas Ilahi terhadap segala perkara dimana Allamah menyebutnya dengan cakupan luas eksistensi. Dalam pandangan Allamah, rahasia mungkinnya ‘liqaullah’ (bertemu dengan Allah) pada alam dunia ini dikarenakan cakupan luas eksistensi yang dimilikinya:
  (ibid, 170)    «والذی هذا [ای احاطة] شأنه لایتأتی الامتراء فی شهوده و لقائه»
Rahasia cakupan luas eksistensi yaitu pada ketidakterbatasan dan keabsolutan zat. Dalam tafsirnya al-mizan, ketika menjelaskan serta menganalisa ‘ketunggalan dominasi’ (wahdah qahriyah), Allamah kemudian menulis:
    «فافرض أمرا متناهيا و آخر غير متناه تجد غير المتناهي محيطا بالمتناهي بحيث لا يدفعه المتناهي عن كماله المفروض أي دفع، فرضته بل غير المتناهي مسيطر عليه بحيث لا يفقده المتناهي في شي‏ء من أركان كماله، و غير المتناهي هو القائم على نفسه، الشهيد عليه، المحيط به‏» (طباطبایی، 6، 89)
Maka ketika menemukan keterbatasan-keterbatasan pada inti keterbatasan tersebut, ketidakterbatasan itu dapat dirasakan secara hudhuri. Namun ilmu hudhuri tersebut tentunya tidak secara detail. Maksudnya maqam zat tersebut – pada maqam zat – tidak akan diketahui secara terperinci. Namun zat Ilahi pada manifestasi-manifestasi dapat dipersepsi, bukan hanya sebatas wajah manifestasinya yang dapat dipersepsi. Perhatikan kata kunci pada kalimat dibawah ini:
«... و أن للمحدود فی نفسه مرتبة خالیة عن الحد، اذ هو خارج عن ذاته علی ما برهن علیه فی محله.» (ibid, 158)
Maksudnya bahwa batasan, bukan bagian zat yang dibatasi, bahkan yang dibatasi memiliki zat dan batasan. Oleh karena itu, ketika menemukan ‘yang dibatasi’, zat yang tak terbatas juga bisa ditemukan pada inti ‘yang dibatasi’.
Kesimpulannya bahwa argumentasi innefabilitas didasarkan pada ketidakterbatasan yang merupakan objek penyaksian. Jadi karena Tuhan itu absolut dan relasi pengetahuan  bermakna menjangkau atau keterjangkauan,  maka mustahil menjangkau yang absolut sebagaimana yang terlihat pada beberapa uraian sebelumnya berkenaan dengan hal ini. Jelas, ekspresi adalah bagian dari kausalitas dan oleh karenanya Tuhan adalah innefabilitas.
Kesimpulan dari kritikan bahwa apa yang menjadi mustahil adalah pengetahuan secara terperinci ‘selain zat’ pada tingkatan zat sementara ‘ekspresi’ tidak terikat dengan ekspresi tersebut. Oleh karena itu, sebagaimana pengetahuan secara global – baik hudhuri dan hushuli – dimungkinkan terhadap zat pada maqam manifestasi-manifestasi, maka ungkapan dan ekspresi juga keluar dari lingkaran kemustahilan, kemudian hingga kita sampai disini yaitu kita pasrah  pada wujud ketidakterbatasan yang menjadi objek penyaksian. Namun Ibn Arabi menegaskan bahwa rahasia innefabilitas bukan ketidakterbatasan bahkan dalam penyaksian pada objek yang terbatas pun innefabillitas bisa saja terjadi (Ibn Arabi, 2, 503).
3.      Ketidakmungkinan Pembatasan
Argumentasi berikut ini, selain memiliki banyak kesamaan dengan dua dalil sebelumnya namun tetap memiliki perbedaan. Dalam dalil sebelumnya, khususnya dalil dalam pandangan Allamah Thabatabai, dijelaskan bahwa zat dari aspek ketidakterbatasannya tidak dapat menjadi tempat sandaran konsep yang secara zati terbatas. Kemudian pada dalil sebelumnya juga dijelaskan bahwa kelaziman pengetahuan adalah keterjangkauan ‘subjek yang mengetahui’ pada ‘objek yang diketahui’ dimana jika persoalan ini dikaitkan dengan Tuhan akan menjadi mustahil karena Tuhan itu absolut. Kemudian, oleh karena setiap ekspresi bergantung pada pengetahuan maka mengekspresikan Tuhan juga mustahil. Namun pada dalil terakhir, bukan aspek pengetahuan dan bukan aspek konsep zat yang dibahas, namun bentuk pengekspresian tanpa melazimkan perantara ilmu atau konsep yang akan menyebabkan pembatasan dan hal itu secara jelas mustahil:           
«... فان المتحیز محصور، نطقه محصور، والمحصور لایحیط بالمطلق.» (تلمسانی، 2، 610)
Sisi kekuatan argumentasi ini yaitu meletakkan relasi bahasa pada realitas itu sendiri, tidak seperti dalil sebelumnya yang meletakkan makna setara dengan konsep atau melibatkan sebagian dari pengetahuan di dalamnya. Namun pertanyaannya adalah jika ekspresi secara mutlak tidak dimungkinkan, lalu bagaimana menjustifikasi kata ‘mutlak’ itu sendiri ? pada dasarnya, meskipun zat pada tahapan zat tidak berkaitan dengan ekspresi secara hakiki dan terperinci, namun ekspresi lebih umum dari batasan-batasan ini, dan aplikasi kata-kata seperti kalimat-kalimat yang dijelaskan sebelumnya merupakan dalil yang paling baik akan kemungkinan ekspresi. Batasan-batasan dan penjelasan-penjelasan seperti kata-kata berikut ini; absolut, ketunggalan hakiki, dan seterusnya, menunjukkan bukan inti hakekat maqam tersebut dan juga tidak merubah sesuatu apa pun. Karena cukup dengan ekspresi secara global seperti ini maka perannya melalui kata-kata seperti absolut akan mengantarkan pada sebuah penjelasan bahwa kata-kata ini tidak akan menunjukkan hakekat inti maqam tersebut, dan hal ini cukup dalam menolak kemustahilan asumsi tersebut. Penting diingat pada pasal sebelumnya, khususnya pada pembahasan istilah ‘ekspresi’ dalam innnefabilitas pengalaman irfani bahwa yang dimaksud dengan ekspresi adalah ‘memunculkan dalam bentuk kata’ dan tidak terikat dengan batasan apa pun. Oleh karena itu, argumentasi ini mengenai penafian secara keseluruhan ‘kemungkinan ekspresi’, namun hanya menolak ‘kemungkinan ekspresi’ zat pada maqam zat dan pengekspresian secara hakiki dan terperinci.      
4. Irrasional (ketidakmungkinan-dilogikakan)
Sebagian besar dari para peneliti agama dan irfan, irrasionalitas pengalaman irfani merupakan dasar problema seorang arif dengan bahasa. W. Stace menukil analisa ini dari Plato (W. Stace, 104). W. Stace sendiri pada pasal terakhir di dalam karyanya lebih cendrung pada analisa tersebut (ibid, 316-319). Tokoh ternama lainnya yang menyetujui  analisis ini seperti Izutsu, Suzuki, Otto, dan juga beberapa tokoh lainnya. Pada analisis ini, persoalannya bukan dari lawan bicara (mukhātab) dan bukan dari pembicara, bahkan jika pembicara ingin mengungkapkan pengalamannya pada dirinya sendiri pun akan menemukan jalan buntu. Pengalaman irfani yang paling jelas adalah pengalaman wahdatul wujud yang akan melazimkan beragam paradoks dalam perspektif akal. Ketunggalan dan keragaman salah satu jenis paradoks yang paling penting. Apakah hanya ada satu realitas wujud ataukah keragaman juga merupakan bagian dari hakekat ? perlu diperhatikan, pusat analisis dalam argumentasi ‘irrasional’ untuk innefabilitas yaitu pertentangan pengalaman irfani wahdatul wujud dengan logika, bukan dalam penafian keragaman atau menetapkannya. Maksudnya meskipun kelaziman dari keyakinan akan ketunggalan realitas wujud hakiki adalah penafian pluralitas, namun argumentasi ini tidak dalam menegaskan keragaman atau menentang penjelmaan penafiaan keragaman dengan kesadaran manusia. Pada dasarnya, yang menjadi poin penting bukan pada ketunggalan dan keragaman, namun pada paradoks yang terjadi diantaranya. Sebab dalam pengalaman wahdatul wujud ada dua sisi penetapan ketunggalan dan selanjutnya penafian keragaman dan juga menetapkan keragaman. Berbeda dengan W. Stace yang menyelesaikan persoalan tersebut dengan aspek penetapan paradoksikal (syathahiyat).  Stace menegaskan bahwa seorang Arif dengan paradoks-paradoks negasinya tidak akan menjadi soal (W. Stace, 314). Persoalannya pada ketakutan akal – pada tahap pertama – dalam menyatukan negasi dan afirmasi paradoks, bukan aspek negasinya. Paradoks tasybih dan tanzih termasuk bagian kontradiksi lainnya di dalam wahdatul wujud sebab irfan dari satu sisi meyakini bahwa Tuhan itu tanzih dan tak satu pun yang menyerupainya, namun dari sisi lain bahwa dikarenakan segala sesuatu merupakan manifestasi darinya maka terdapat kesamaan [tasybih]. Paradoks hadir dan gaib dalam pengertian bahwa Tuhan dengan kelaziman tajalli diri-Nya maka Dia hadir dalam seluruh alam dan pada saat yang sama tersembunyi dalam batin zat-Nya.
Kutipan kalimat masyhur dari Kharrāz ‘aku mengenal-Nya dengan menyatukan-Nya diantara dua hal yang kontradiktif’. Juga menurut Ibn Arabi; Dia bukan menyatukan antara dua hal yang kontradiktif, bahkan Dia adalah antara dua hal yang kontradiktif itu sendiri. Objek persoalan tersebut tidak memiliki mishdaq yang lain selain wahdatul wujud (Ibn Arabi, 2, 476). Hanya dalam ranah ini kontradiktif tersebut bisa terjadi (ibid, 635). Disela-sela Ibn Arabi mengisyaratkan sebagian paradoksikal dan menjelaskan pembatasan terjadinya realitas ini hanya pada wujud mutlak, ia meyakini ketidakmampuan bahasa dalam mengungkapkan fenomena kontradiktif:
«فالكون يغاير مركبه بسيطه و عدده توحيده و أحديته و الحق عين تركيبه عين بسيطه عين أحديته عين كثرته من غير مغايرة و لا اختلاف نسب و إن اختلفت الآثار فعن عين واحدة و هذا لا يصح إلا في الحق تعالى و لكن إذا نسبنا نحن بالعبارة فلا بد أن نغاير كان كذا من نسبة كذا و كذا من نسبة كذا لا بد من ذلك للافهام‏» (ibid,116)
Beragam uraian telah ditulis dalam menjelaskan persoalan ini dan saya hanya mencukupkan dengan menggambarkan secara umum ke-paradoks-an sebuah maqam dimana urafa menyebut maqam tersebut dengan ‘beyond intellect’ (diluar tapal batas akal). Namun perlu diingat bahwa ke-paradoks-an maqam tersebut juga berasal dari hukum akal. Sebagai contoh pertanyaan tentang; apakah ‘mumkin’ itu ada atau tidak ? jika iya, maka akan bertentangan dengan pembatasan wujud yang hanya pada wujud mutlak. Jika jawabannya tidak, indrawi dan akal akan menentangnya. Melihat persoalan secara filosofis seperti ini, juga mirip dalam mempertanyakan apakah mahiyah itu ada atau tiada. Sang penanya menginginkan bahwa filosof akan memberikan jawaban pada salah satu diantara dua hal yang kontradiktif yaitu ia atau tidak. Perkataan berikut ini salah satu bentuk penilaian akal terhadap  pensifatan-pensifatan urafa [terhadap Tuhan] melalui pengalaman-pengalaman mereka:
“sangat jelas bahwa pensifatan-pensifatan yang aneh oleh para urafa melalui pengalaman-pengalaman khas mereka dan juga menemukan Tuhan dengan kehadiran-Nya, dipenuhi dengan kontradiksi-kontradiksi dan dari segala jenis bentuk kontradiksi” (Syūlim, 51).
Kesimpulan dari argumentasi diatas sebagai berikut:
1.      Wahdatul wujud adalah irrasional (diluar dari tapal batas akal) dan penuh dengan paradoks.
2.      Alam penakbiran adalah alam akal dan karenanya berlaku kaidah logika baginya.
3.      Maka kata-kata yang berada dibawah naungan akal, berlaku baginya kaidah akal. Namun tak dapat diberlakukan pada kata-kata diluar tapal batas akal.
4.      Oleh karena itu jika wahdatul wujud memakai pakaian frasa, seorang arif tidak akan menerimanya. Misalnya ungkapan ‘Dia adalah Dia’ menurut arif tidak sesuai dengan penyaksian-Nya dan juga ungkapan ‘Dia bukan Dia’ tidak sesuai dengan penyingkapannya.
5.      Maka pengalaman irfani tak dapat diekspresikan (innefability).
Sebagian mengatakan bahwa akal yang cakupannya menafikan wilayah wahdatul wujud disebut dengan akal paripatetik. Karena pembaca analisa-analisa dan penjelasan-penjelasan indah Ibn Arabi adalah juga akal. Setelah itu Sadra – yang saat ini dianggap sebagai puncak pemikiran filsafat Islam – juga menggunakan akal dalam menganalisa relasi kausalitas dan akhirnya sampai pada pembahasan tajalli. Sebagai contoh, Ibn Arabi secara rinci menjelaskan paradoks tasybih dan tanzih – salah satu paradoks yang telah dibicarakan sebelumnya – dan menggambarkan penyatuan tasybih dan tanzih,  juga menjelaskan ‘beyond’ tasybih dan tanzih. Penguraian Ibn Arabi seperti ini dipahami oleh arif yang tak punya makasyafah, tanpa melihat apakah arif tersebut menerima argumentasi Ibn Arabi atau tidak. Berkenaan dengan Sadra, ia juga meyakini sebagaimana yang diyakini oleh arif bahwa akal akan tercerahkan [memahami hakekat sebagaimana adanya] setelah sampai pada perkara paling akhir suluk irfani. Pada saat itu akal mendapatkan pencerahan dengan cahaya hidayah Ilahi. Hasilnya akal mampu mencipta kata seperti manifestasi (tasya’un), aspek (jihah), perubahan-perubahan entitas (tathawwur). Disela-sela pembahasannya Sadra mengingatkan rumitnya memahami persoalan tersebut, ia juga menjelaskan  bahwa sebagian besar dari akal yang digunakan, akal yang belum mendapatkan siraman cahaya Ilahi, akal seperti ini tidak akan sampai pada persoalan tersebut. Yang menarik disini karena Sadra menuliskan pemikirannya dan diperuntukkan bagi pembaca yang bukan arif, dan dia berkeyakinan bahwa dengan penjelasan-penejelasan seperti ini yang disertai dengan fungsi kata, dapat menukil makna wahdatul wujud tersebut. (Syirazi, 1, 300-302)
Pokok lainnya, di dalam paradoks-paradoks wahdatul wujud perlu diperhatikan aspek-aspek negasi dan afirmasi. Menurut Stace, tidak satupun dengan sendirinya dapat mentransfer penyaksian irfani wahdatul wujud. Setiap arif masing-masing memperhatikan aspek negasi dan afirmasi, kemudian menurut mereka, hal tersebut bertentangan dengan menyaksikan penyatuan antara dua hal kontradiktif. Berdasarkan alasan ini, pengalaman irfani tak bisa diekspresikan. Namun sebagaimana yang juga diisyaratkan oleh Ibn Arabi, persoalan arif bukan ‘kebingungan epistemologi’ dari Sang Agung atau ‘kebingungan epistemologi’ seorang arif dari memahami objek yang disaksikan. Namun ‘kebingungan’ (tahayyur) merupakan sifat realitas eksternal. Izutsu menyebut hal tersebut dengan ‘kebingungan metafisika’. Jadi, seorang arif dengan aspek paradoksikalnya yang ia miliki, sedang menjelaskan dengan baik kondisi yang disaksikannya. Meskipun setelah pembaca mendengarkan hal tersebut, mungkin menerimanya atau dapat menkonsepsinya dengan teliti atau juga tidak. Namun apapun itu, pembaca dapat memahami maknanya. Dalam kata lain, ekspresi adalah memunculkan dalam bentuk kata, dan belum disyaratkan padanya apakah dalam satu kalimat atau dua kalimat (maksud saya dua kalimat paradoks).
Anehnya, mereka yang meyakini argumentasi ini dengan entengnya menggunakan kata-kata seperti paradoks, namun wilayah persoalannya diluar tapal batas akal (irrasional) sehingga tak dapat diekspresikan. Apakah penggunaan kata seperti ‘paradoks’ bukan bentuk ekspresi ? dalam kata lain, apakah kata paradoks baginya dapat dipahami ? apakah persoalan seperti ‘segitiga yang segiempat’ tidak termasuk sebagai salah satu mishdaqnya ? maka baik maknanya dapat dipahami dan juga pada persoalan tersebut terdapat beragam mishdaq. Oleh karena itu, bahkan jika disepakati ada alam diluar tapal batas akal, namun tetap saja dapat diekspresikan.
Kritikan lainnya, secara mendasar tidak dapat diterima jika wahdatul wujud itu ‘irrasional’ dan tak dapat dilogikakan. Banyak penelitian yang berkaitan dengan persoalan ini. Tulisan ringkas ini tidak ingin membuktikan rasionalitas wahdatul wujud. Sebagai contoh, pada buku-buku inti irfan seperti buku mishbāh al-uns menguraikan beberapa argumentasi secara rinci dalam membuktikan wahdatul wujud. Kami tidak bermaksud untuk memaparkan semua argumentasi wahdatul wujud. Namun persoalan tersebut kami angkat dalam menegaskan bahwa wahdatul wujud dapat dilogikakan, dapat dipahami, dan dapat diekspresikan.
Persoalan lainnya, meskipun kita mengabaikan asumsi bahwa penjelasan wahdatul wujud diekspresikan dengan dua kalimat yang paradoks, namun kita tidak bisa mengabaikan pentasybihan-pentasybihan padanya. Pada pasal yang akan datang kita akan mellihat bahwa meskipun sistem bahasa akal tidak sesuai dengan wahdatul wujud karena akal hanya memahami tanzih sedangkan tanzih tidak menjangkau wahdatul wujud dikarenakan wahdatul wujud – pada sisi yang lain – memiliki aspek tasybih. Namun potensi fantasi (wāhimah) sebagai alat tasybih yang paling baik berperan dalam mengekspresikan wahdatul wujud.
Berdasarkan hal tersebut, ekspresi hanya sekedar memunculkan dalam bentuk kata, dan urafa mengutarakan maksudnya dalam bentuk yang paling baik dengan menggunakan bahasa paradoksikal dan tasybih. Pada dasarnya kita tidak dapat berharap pada ekspresi akal – dalam pengertian akal peripatetik – dalam mengekspresikan wahdatul wujud.
Kritikan terakhir pada argumentasi ini yaitu pada ‘penjelasan bahwa ekspresi berada dibawah naungan batasan akal’, padahal tidak demikian halnya. Sebagai contoh, jika memperhatikan produk-produk potensi lainnya selain akal, apakah setara dan sedanding dengan perangkat bahasa ? apakah fungsi bahasa potensi lain selain akal seperti fungsi pentasybihan potensi fantasi, tidak digunakan sebagai ekspresi bahasa ? tampaknya disini ada pembauran dimana bahasa hanya dibatasi pada peletakan kata-kata pada makna dan makna bersifat independen. Kemudian mereka sampai pada kesimpulan ini bahwa ‘peletakan’ pada dua hal yang tidak terdapat perbedaan, secara akal tidak dibenarkan. Padahal pertama, fungsi bahasa tidak dibatasi hanya pada akal semata. Bahkan meskipun demikian halnya, dengan banyaknya tanda dan penanda akan menunjukkan signifikasi. Misalnya kata ‘difrensiasi komprehensiv’ (tamāyuz ihāthī) menunjukkan sebuah realitas dan memiliki makna. Namun menurut pandangan yang menafikan hal tersebut menganggap sebagai ‘kebingungan metafisika’ dan tentunya tak dapat diekspresikan.     
                     

       

Friday, September 5, 2014

Tafsir Surah al-'Ashr, Khajah Nashiruddin Thusi

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيم

Tafsir Surah al-‘Ashr oleh Khajah Nashiruddin Thusi 

وَ الْعَصْرِ﴿إِنَّ الْإِنْسانَ لَفي‏ خُسْرٍ  
Maksudnya adalah mereka yang sibuk dengan urusan-urusan materi dan jiwanya tenggelam dalam kerakusan

إِلاَّ الَّذينَ آمَنُوا
Maksudnya mereka yang telah sempurna dalam hikmah nazari (filsafat teori)

وَ عَمِلُوا الصَّالِحاتِ 
Maksudnya mereka yang telah sempurna dalam hikmah amali (pengamalan filsafat praktis)

وَ تَواصَوْا بِالْحَقِّ  
Mereka yang sedang proses menyempurnakan akalnya dengan pengetahuan-pengetahuan nazari

وَ تَواصَوْا بِالصَّبْرِ 
Mereka yang sedang proses menyempurnakan akhlaknya dengan pengetahuan-pengetahuan amali

Monday, September 1, 2014

Tafsir Sufi Surah al-Baqarah; Ayat 1-3

[Tafsir Sufi Surah al-baqarah];

'Alif lam mim; kitab Qur'an ini tdk ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa'.

Alif lam mim, sebagian mufassir menyatakan bahwa huruf muqatthaah ini hanya dipahami oleh Rasulullah saw karena huruf tersebut adalah simbol dan rahasia antara Allah swt dengan Rasulullah saw. Sebagian mufassir lainnya menafsirkan alif dengan Allah swt, lam dengan ila (kepada) Jibrail as, mim dengan Muhammad saw. Artinya menjelaskan proses wahyu dari Allah swt kepada Rasulullah saw melalui Jibrail as.

Zalikalkitab la rayba fihi. Zalik (itu) isyarah dalam menunjuk sesuatu. Jadi Kitab itu (zalik) meliputi semua tingkatan kitab, mulai dari kitab 'ummul kitab' atau 'kitabin mubin' sampai pada kitab Qur'anan Arabiyan (Qur'an yang ada ditangan kita saat ini yang berbahasa arab). Dalam semua tingkatan kitab tersebut tidak terdapat keraguan sama sekali. Keraguan itu muncul jika berasal dari sesuatu yang diragukan atau bersumber dari realitas yang didalamnya bercampur antara kebenaran dan kebatilan. Karena Qur'an berasal dari hakekat mutlak, hakekat kebenaran, dan hakekat kesempurnaan maka Qur'an juga mutlak benar. Apalagi Rasulullah saw dan Jibrail as keduanya adalah maksum maka Qur'an sampai ke tangan kita juga maksum, dan dikarenakan maksum maka tidak ada lagi keraguan didalamnya.

Hudan lilmuttaqin; petunjuk (yakni Qur'an sbg petunjuk) bagi orang2 yg bertaqwa; Pada pembahasan surah alfatihah sedikit banyaknya telah kami singgung tentang persoalan hidayah. Dalam pembahasan hidayah disini, dijelaskan bahwa Qur'an adalah pentunjuk bagi orang-orang yg bertaqwa. Ada pertanyaan berkenaan dengan hal ini bahwa jika Qur'an adalah hidayah bagi orang yang bertaqwa, kemudian disisi lain Qur'an menyuruh manusia agar bertaqwa, bukankah ini yang disebut dengan 'daur' ? Maksudnya Qur'an menyuruh manusia untuk bertaqwa namun disisi lain yang bisa menerima Qur'an adalah orang bertaqwa ? Dalam menjawab pertanyaan ini, pada tafsir surah al-fatihah telah kami jelaskan bahwa hidayah ada dua yaitu hidayah internal (dalam diri manusia yaitu perkara fitrawi; akal dan qalbu) dan hidayah eksternal (diluar diri manusia yaitu Qur'an dan maksumin). Karena itu, yang dimaksud Qur'an dengan hudan lilmuttaqin (petunjuk bagi orang yg bertaqwa) yaitu menjelaskan syarat bahwa untuk mendapatkan cahaya Qur'an disyaratkan adanya kesiapan dalam diri manusia, dan kesiapan itu adalah hidupnya fitrah dalam diri manusia. Maksudnya taqwa didasari pada hidupnya fitrah dalam diri manusia. Jika fitrah ini terjaga, maka dirinya mampu menerima cahaya Qur'an, tentu pada batas keluasan fitrahnya (dalam hal ini qalbu dan akal). Pada ayat yang lain dijelaskan bahwa Qur'an merupakan hidayah bagi semua manusia (hudan linnas). Disini seolah ada pertentangan antara hudan linnas dengan hudan lilmuttaqin. Namun tidak demikian, akan tetapi maksudnya yaitu meskipun Qur'an hidayah bagi semua manusia tanpa terkecuali, namun yang mendapatkan banyak manfaat adalah yang memiliki ketaqwaan, dan ketaqwaan yang dimaksud disini paling minimal masih adanya nilai-nilai fitrawi di dalam dirinya. Contohnya, jika ada seorang yg sakit hingga mengakibatkan matanya buta, maka pada saat matanya buta tentu tidak lagi bisa menikmati cahaya matahari. Meskipun cahaya matahari mendatanginya namun ia tak lagi dapat memanfaatkan cahaya tersebut. Begitu juga jika fitrah seseorang telah buta, tentu ia tak lagi bisa mendapatkan petunjuk-petunjuk dari luar dirinya. Meskipun setiap saat petunjuk tersebut datang menghampirinya.

Allazina yu'ninuna bilghayb; (yaitu mereka yang beriman thdp yg gaib); Salah satu makna iman yaitu diikrarkan dengan lisan, ditashdiq dengan qalbu, dan mengamalkannya. Maka iman meliputi ketiga unsur tersebut. Mereka yg mengikrarkan iman dengan lisannya tanpa adanya keyakinan pada qalbunya disebut dengan munafiq. Jika qalbunya meyakini namun tidak mau mengikrarkan dengan lisan maka dia menyangsikan (inkar), dan jika mengamalkan sesuatu yg tdk sejalan dengan keyakinan (keimanan) disebut dengan fasiq. Dalam surah al-hujurat ayat 14 menunjukkan bahwa qalbu adalah wadahnya iman. Maksudnya tempatnya iman itu pada qalbu. Pada ayat ini Rasulullah saw menegur sekelompok orang arab yang mengatakan bahwa diri mereka telah beriman, karena itu Rasulullah saw mengatakan kepada mereka bahwa cukup anda katakan 'kami berislam' karena iman belum masuk ke dalam qalbumu. Dalam surah mujadalah;22 Allah swt berfirman; kamu tidak akan mendapati suatu kaum yg beriman kepada Allah swt dan hari akhirat, mencintai orang-orang yang menentang Allah dan rasul-Nya, sekalipun orang itu adalah ayah, anak, saudara, ataupun keluarga mereka. Mereka itulah orang-orang yang Allah telah menanamkan keimanan dalam hati mereka . . . Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa 'pada saat orang mencuri tak ada keimanan didalamnya'. Dalam hadits ini dapat dipahami bahwa ruh iman dan hakekat iman tidak bisa bercampur dengan kemaksiatan karena kemaksiatan adalah menentang Allah swt (tdk mematuhi perintahnya), dan menentang Allah swt tentu bermakna tidak beriman kepadanya. Oleh karenanya disaat seseorang berbuat maksiat maka pada saat itu tak ada keimanan didalamnya. Lalu siapa saja mereka yang dapat memiliki ruh iman dan hakekat iman ? Mereka yang telah memiliki akal teoritis dan akal praktis adalah mereka yang dapat meraih ruh iman dan hakekat iman. Karena melalui akal teoritis, mareka mencari kebenaran-kebenaran dan kemudian menimbang keyakinan tersebut dengan akalnya. Mereka tidak taklid buta (tanpa pertimbangan akal) dan fanatis terhadap keyakinan orang tua dan nenek moyang mereka. Sehingga dengan akal teoritisnya mereka sampai pada ilmu yakin. Setelah itu mereka masuk pada akal praktis yaitu mulai mengamalkannya. Tugas pertama yang ia lakukan yaitu mujahadah dengan hawa nafsunya atau menundukkan hawa nafsunya sehingga amal yang ia lakukan senantiasa berdasarkan dengan syariat Ilahi sehingga akhlaqnya adalah akhlaq Ilahi. Ulama kita mengatakan bahwa kesempurnaan manusia, kesempurnaan iman, dan hakekat taqwa diperoleh dengan terjalinnya hubungan dengan alam rububiyah dan tidak cinta pada makhluk, qalbunya senantiasa tertuju pada Tuhan dan hakekat kebenaran sehingga qalbunya tidak disibukkan dengan perkara-perkara selain Tuhan. Dalam memperoleh segala hal tersebut, 1) jalannya dengan mengaktualkan potensi pikir (quwwah aqilah) melalui tadabbur, kontemplasi, dan senantiasa berpikir tentang ayat-ayat Ilahi (Qur'an dan segala realitas yang ada) sehingga imannya bertambah melalui akalnya dan pengetahuannya sehingga ia tidak taklid buta. Semakin dalam manusia tafakkur pada ayat-ayat Ilahi maka rahasia2 akan dibukakan pada dirinya. Maka dirinya akan senantiasa tertarik pada perkara-perkara Ilahi. 2) jalan selanjutnya dengan mengaktualkan potensi amaliyahnya (quwwah 'aamilah) yaitu manusia senantiasa memperhatikan tujuan akhirnya yaitu mendekatkan diri kepada Allah swt karena pada akhirnya manusia akan kembali ke singgasana Ilahi. Karena itu ia lebih mendahulukan Qur'an dan syariat dalam menjalani kehidupan kesehariannya sehingga ia senantiasa berada dalam koridor shirathal mustaqim. Kesimpulannya, dalam meraih kesempurnaan Ilahi, manusia mesti mengosongkan dirinya dari sifat hewaniyah kemudian mengisi jiwanya dengan akhlak Ilahi sehingga qalbunya menjadi singgasana Ilahi sebagaimana Sabda Rasulullah saw bahwa qalbu mu'min arasy Rahman (arasy Ilahi). Juga dalam hadits Qudsi dijelaskan 'bumi dan langit tidak dapat menampung diri-Ku kecuali qalbu hambaku yang mu'min'. Mungkin ini yang dimaksud dengan istilah hikmah dalam Qur'an (surah albaqarah;269) bahwa hikmah adalah kebaikan yang melimpah ruah (khairan katsiran) yaitu mereka yang telah mengaktualkan potensi pikir dan potensi amal (quwwah aqilah dan amilah), karena qalbunya telah menjadi singgasana Ilahi. (Beriman pada yg gaib); pada pembahasan sebelumnya dijelaskan bahwa iman dan hakekat iman (bukan taklid buta) berkenaan dengan aktualisasi fakultas pikir dan amal. Aktualisasi fakultas tersebut tentu sebatas kemampuan dirinya. Maksudnya semakin dalam ia berpikir dan semakin kuat ia mengamalkannya maka imannya pun akan semakin dalam. Maka dari aktualisasi fakultas tersebut akan terlihat derajat iman atau tingkatan iman yang berbeda-beda. Ada yang sampai ilmu yaqin yaitu keyakinan dengan argumentasi, ada yg sampai pada 'ainul yaqin yaitu dengan musyahadah atau penyaksian, bahkan ada yang sampai pada haqqul yaqin yaitu sebuah bentuk penyaksian yang lebih tinggi dari 'ainul yaqin. Berdasarkan hal ini, maka yg dimaksud dengan iman terhadap gaib yaitu iman terhadap Allah swt (karena Dia absolut dan tak terbatas), dan munculnya Imam Mahdi as serta hari kiamat (karena tak ada manusia yg mengetahuinya), surga, neraka, dst. karena gaib adalah sesuatu yg tidak nampak melalui indra kita. Bahkan untuk manusia yg hidup pada saat ini, iman terhadap Rasulullah saw termasuk iman kepada yang gaib karena kita tidak menyaksikan wujud Rasulullah saw termasuk para maksumin lainnya. Karena itu iman diakhir zaman ini membutuhkan tingkat keimanan yang lebih dibandingkan dengan mereka yg bisa secara langsung menyaksikan wujud para maksumin. Iman terhadap yang gaib melazimkan amal-amal qalbu. Amal-amal qalbu yang dimaksud adalah tazkiyah (pensucian), dan tazkiyah adalah mensucikan qalbu dari dorongan-dorongan atas kebahagiaan badaniyah karena jika kebajagiaan badaniyah ini dituruti akan mencegah dalam meraih kenikmatan dan kebahagiaan lainnya. Karena kebahagiaan itu ada 3, ada kebahagiaan qalbu, kebahagiaan badan, dan kebahagiaan seputar badan. Kebahagiaan qalbu diantaranya pengetahuan-pengetahuan, aturan-aturan syariat, kesempurnaan ilmu dan amal. Kebahagiaan badaniyah diantaranya kesehatan, kekuatan, kelezatan jismani, dan syahwat. Kebahagiaan seputar badan adalah harta dan fasilitas-fasilitas. Imam Ali mengatakan 'ketahuilah, sesungguhnya sebagian dari nikmat itu adalah keluasan harta, dan keluasan harta yang paling baik adalah sehat jismani dan ketaqwaan pada qalbu'. Berdasarkan hal ini, manusia mesti menkualifikasikan yang pertama untuk meraih yg terakhir dengan zuhud dan ibadah.

Maka 'mendirikan sholat' (wa yuqimunasshalah) yaitu dengan sholat bermakna meninggalkan kesenangan badan dan menyibukkan fakultas-fakultas badan. Karena itu sholat merupakan ibu dari ibadah-ibadah karena dengan solat merupakan awal tonggak terhadap yang lainnya, sebagaimana firman Allah swt 'sesungguhnya solat itu mencegah dari perbuatan2 keji dan munkar' (al-ankabut;45). Karena solat itu dipikul oleh badan dan nafs (jiwa), dan tentu membuat keduanya tidak senang dan menderita. Karena itu selanjutnya diikuti dengan 'wa mimma razaqnahum yunfiqun' (dan menafkahkan sebagian rezeki yang telah Kami anugerahkan kpd mereka). Maksudnya, menafkahkan harta berarti manusia tdk memberikan kecintaannya pada material dimana material ini sesuatu diluar dirinya dan sesuatu yang tidak memberikan kesempurnaan ruhaniyah diakhirat kelak kecuali dinafkahkan di jalan Allah swt, karena itu, menafkahkan harta mengajarkan manusia agar manusia hidup zuhud. Zuhud itu bukan meninggalkan dunia, namun tidak cinta pada dunia. Ayat 4-5; 'dan mereka yang beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu dan yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya kehidupan akhirat'. 'Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka. Dan merekalah orang-orang yang beruntung'. Maksudnya dalam pembahasan sebelumnya dijelaskan bahwa hakekat iman meliputi atas 3 bagian tersebut. Kemudian hal ini melazimkan amal-amal qalbu yaitu tahliyah (mensucikan batin) sehingga qalbunya terhiasi dengan syariat-syariat dan pengetahuan-pengetahuan yg diturunkan pada kitab-kitab Ilahiyah, termasuk pengetahuan-pengetahuan yang berkenaan dengan ma'ad dan seputar ma'ad, berkenaan dengan akhirat, dan hakekat-hakekat ilmu Qudsi, karena itu pada ayat tsb dijelaskan mereka yakin akan adanya kehidupan akhirat (yuqinun). Iman ini yaitu beriman kepada kitab-kitab Ilahi juga berlaku pada mereka ahli akhirat. Ahli akhirat adalah mereka yang belum melampaui batas tazkiyah (masih dalam proses tazkiyah) dan belum sampai pada tahliyah dimana tahliyah merupakan warisannya sebagaimana Maksumin mengatakan; 'barang siapa yg mengamalkan atas yang dia ketahui, niscaya Allah swt akan mewariskannya pengetahuan yg tdk ia ketahui'. Namun orang-orang muqinun (contohnya pada Nabi Ibrahim as, lihat surah al-an'am;75) adlah mereka yg telah dianugerahi hidayah dari Ilahi (hudan minrabbihim), baik thdp dirinya sendiri atau pada amalnya, karena itu merekalah orang-orang muflihun (orang2 yg beruntung). [Albaqarah;6-7]; mereka adalah orang-orang yang terpisah dari jalan sebelumnya (orang-orang beriman) yakni mereka adalah orang-orang kafir, orang-orang kafir adalah orang-orang yang tak lagi berfungsi baginya sebuah peringatan. Diberikan peringatan atau pun tidak baginya sama saja. Puncaknya adalah sampai pada pintu-pintu pengetahuan Ilahi baginya telah tertutup. Sehingga karena mereka tidak menginginkan Ilahi sehingga Allah swt menutupnya. Pintu pertama yang tertutup adalah pintu batin yaitu qalbu karena qalbu merupakan singgasana Ilahi dan juga berfungsi sebagai tempat datangnya ilham. Pintu kedua yg tertutup adalah pintu zahir yaitu pendengaran dan penglihatan karena keduanya adalah pintu pehamaman dan peng-iktibaran (abstraksi atau peristilahan-peristilahan) sehingga jalan keduanya utk sampai pada qalbu juga tertutup. Dan karena semua pintu tertutup, maka yang ia dapatkan adalah azab yg besar.