Teori
Innefabilitas Menurut Allamah Thabatabai
oleh; Sayid Ahmad Fazeli
alih bahasa; Muhammad Nur Jabir
Abstrak
Tulisan
ini mencoba memaparkan beberapa konsep innefabilitas, menurut Allamah
Thabatabai. Pada tulisan sebelumnya kami mengutarakan beberapa konsep
innefabilitas dalam pandangan W.Stace dan William James. Pada tulisan kali ini
kami mencoba mengutarakan beberapa pandangan innefabilitas khususnya dari beberapa gagasan pemikir Islam Allamah
Thabatabai. Beberapa persoalan yang akan diuraikan dalam tulisan ini adalah
apakah absolut...
Wednesday, September 17, 2014
Friday, September 5, 2014
Tafsir Surah al-'Ashr, Khajah Nashiruddin Thusi
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيم
Tafsir Surah al-‘Ashr oleh Khajah Nashiruddin Thusi
وَ الْعَصْرِ﴿إِنَّ الْإِنْسانَ لَفي خُسْرٍ
Maksudnya adalah mereka yang sibuk dengan urusan-urusan materi dan jiwanya tenggelam dalam kerakusan
إِلاَّ الَّذينَ آمَنُوا
Maksudnya mereka yang telah sempurna dalam hikmah nazari (filsafat teori)
وَ عَمِلُوا الصَّالِحاتِ
Maksudnya mereka yang telah sempurna dalam hikmah amali (pengamalan filsafat praktis)
وَ تَواصَوْا بِالْحَقِّ
Mereka yang sedang proses menyempurnakan akalnya...
Monday, September 1, 2014
Tafsir Sufi Surah al-Baqarah; Ayat 1-3
[Tafsir Sufi Surah al-baqarah];
'Alif lam mim; kitab Qur'an ini tdk ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa'.
Alif lam mim, sebagian mufassir menyatakan bahwa huruf muqatthaah ini hanya dipahami oleh Rasulullah saw karena huruf tersebut adalah simbol dan rahasia antara Allah swt dengan Rasulullah saw. Sebagian mufassir lainnya menafsirkan alif dengan Allah swt, lam dengan ila (kepada) Jibrail as, mim dengan Muhammad saw. Artinya menjelaskan proses wahyu dari Allah swt kepada Rasulullah saw melalui Jibrail as.
Zalikalkitab la...
Friday, August 29, 2014
PRINSIP-PRINSIP JIWA DALAM KAJIAN SUFISTIK
a. Beberapa
tindakan yang dilakukan manusia dialam ini, akan mengaktual (mewujud) di alam
akhirat. Tindakan yang dimaksud disini adalah tindakan yang telah menjadi
malakah (bagian dari dirinya). Sebagaimana yang dijelaskan oleh hadits bahwa
dunia ini adalah ibarat ladang (tempat menanam) bagi manusia yang buahnya akan
dipetik kelak (pada hari akhir). Namun sebenarnya secara malakuti akibat
perbuatan tersebut telah terjadi saat ini, sebagaimana yang bisa disaksikan
oleh para sufi.
b. Ruh
tidak terpisah...
SYAIRKU; LAILA MAJNUN

Majnun ! lama tak kau sapa aku dengan munajatmu. apakah aku tak lagi hadir dihatimu,
dengan munajat apa aku harus menyapamu, sementara dirimu mendiamkan setiap kata,
dimana hati ini harus mencari, karena jejakmu tak tersentuh oleh apapun, kecuali jejak cintamu,
Majnun ! batin dari cinta adalah makrifat. tak mungkin dipahami dari setiap pertemuan,
Majnun ! pergilah ... disini cinta dan kekasih tak terpisahkan. cinta itu hanya hijab,
Majnun !...