Sunday, March 3, 2013

Tafsir Irfani surah al-fatihah [disadur dari beberapa buku tafsir irfani]

Tafsir ini disadur dari beberapa kitab tafsir irfani atau tafsir sufi. Khususnya kitab tafsir Abdul Razzaq Kasyani yang biasanya dikenal dengan tafsir Ibn Arabi. Sebagaimana dimaklumi bahwa surah alfatihah disebut dengan surah al-fatihah yaitu pembukaan, dan Bismillahirrahmanirrahim adalah pembukanya, dan pembukanya pembuka adalah Bismillah. Realitas alam ini muncul dengan perantara asma Ilahi. Maksudnya asma Ilahi merupakan sebab munculnya alam. Dalam Bismillahirrahmanirrahim, ada 3 asma Tuhan, yaitu Allah yang disebut...

Walaya according Toshihiko Izutsu

Introduction Pembahasan walaya merupakan pembahasan penting dalam pandangan dunia mistis. Bisa dikatakan hampis semua sufi membahas mengenai persoalan walaya. Salah satunya adalah Ibn Arabi, pembahasan walaya dieksplorasi lebih jauh dalam berbagai karya Ibn Arabi khususnya dalam karya emasnya Fushusul Hikam. Hampir seluruh komentator terhadap Fushusul Hikam mengakui kerumitan yang ada dalam pembahasan Fushus. Oleh karena itu dibutuhkan kunci tertentu untuk memahami teks yang ada di Fushusul Hikam. Kunci tersebut bisa ditemukan pada murid–murid...

Al-qur’an Mengajak Ruh Manusia, Bukan Mengajak Pria dan Wanita

Ketika kita merujuk pada Qur’an, kita akan menemukan bahwa kesempurnaan manusia terletak pada pengetahuan dia tentang Tauhid, Ma’ad dan wahyu atau kenabian. Hal ini menandakan bahwa kesempurnaan manusia bergantung pada kualitas pandangan dunia tauhidnya. Dalam kata lain, manusia yang memiliki pandangann dunia tauhid  meyakini bahwa alam ini ada permulaanya yaitu Allah swt, kemudian ada akhirnya yang disebut dengan ma’ad atau hari kebangkitan, kemudian antara awal dan akhir terdapat ‘shiratul mustaqim’ dimana shiratul mustaqim berkaitan...

Alam Mitsal dan Mukasyafah (Penyaksian)

Sebagaimana dimaklumi, terdapat tiga tingkatan realitas alam yaitu alam materi, alam mitsal, dan alam akal. Dalam terminologi irfan ketiga alam tersebut disebut dengan alam nasut, alam malakut, dan alam jabarut. Ketiga realitas alam tersebut masing-masing memiliki karekteristik tersendiri dan juga masing-masing memiliki hukum tersendiri. Alam akal atau alam jabarut adalah alam yang tidak memiliki bentuk dan tidak memiliki materi atau beban. Pada alam akal sama sekali tidak ditemukan karekteristik materi. Alam akal bersifat  non-materi...

Saturday, March 2, 2013

Gerak Substansi Sadra dan Tajaddud Amtsal

Urafa meyakini akan adanya relasi keniscayaan yang terus menerus antara wujud dengan kehidupan manusia dan juga dengan entitas-entitas yang lainnya. Bahkan dari waktu ke waktu (dari saat ke saat) senantiasa berubah sehingga senantiasa baru dan baru. Emanasi wujud dari sumber wujud senantiasa tercurahkan kepada segala entitas sehingga setiap saat mengalami perubahan dan baru. Urafa menyebut hal ini dengan teori ‘menanggalkan dan memakai’ (khal’ wa labs). Maksudnya ‘keberadaan’ sebelumnya seluruhnya sirna (menanggalkan) dan kemudian mendapatkan...