Allah adalah cahaya langit dan bumi . . . (Annur;35). Al-Gazali dalam menafsirkan ayat ini mengatakan, cahaya memiliki empat tingkatan; mishbah, zujajah, misykat, dan zaitunah. Selanjutnya Al-Gazali mengatakan, empat tingkatan ini dapat dipahami namun tak dapat dikonsepsikan atau digambarkan.
Lalu apakah perbedaan antara konsepsi dan pemahaman?
Banyak hal yang mampu terpahami namun kita tak mampu menggambarkan atau mengkonsepsikannya. Misalnya saat anda berada di kelas, anda memahami bahwa anda berada di dalam kelas dan anda pun mampu menggambarkan...
Saturday, July 25, 2015
Sunday, April 19, 2015
Pemikiran Jalaluddin Rumi sebagai Sistem Filsafat Terbuka
Setiap jiwa senantiasa baru, dunia dan kita
Tak diketahui kebaruan itu dalam keabadian
Umur bagai arus, baru dan baru
Senantiasa berlangsung dalam jasad
~ Jalaluddin Rumi
Salah satu hal yang menarik dalam pemikiran Rumi adalah tentang sistem filsafatnya yang diyakini sebagai sebuah sistem filsafat yang terbuka. Sistem filsafat&nb...
Monday, February 9, 2015
Demokrasi itu apa?
Jika salah satu diantara kita ditanya, 'apakah anda menerima demokrasi atau tidak?' Sebagian besar dari kita tanpa ragu akan menjawabnya, 'tentu, kita menerimanya'.
Jika pertanyaannya kita lanjutkan kembali, 'apa sebenarnya yang anda maksud dengan demokrasi?'
Kira-kira kita akan mendefinisikannya, 'mereka yang meraih kekuasaan melalui suara terbanyak'. Definisi ini cukup sederhana dan maksudnya jelas.
Namun jika kita kembali bertanya, 'siapakah mereka yang disebut dengan masyarakat dan siapakah yang memberhak memberikan suara? Apakah seluruh elemen...
Thursday, October 23, 2014
TEORI FILSAFAT SUHRAWARDI ‘CAHAYA dan KEGELAPAN’ hubungannya dengan MAAD
Pertanyaan utama dalam gagasan
ini ialah apa maksud tentang cahaya dalam pandangan Suhrawardi ? karena
sebagaimana kita pahami bersama, pondasi dan fokus utama dalam kajian filsafat
iluminasi Suhrawardi ialah mengenai cahaya. Suhrawardi terkadang menyebutnya
dengan ‘ilmu al-anwar’ atau ‘fiqh al-anwar’.
Suhrawardi memandang cahaya
sebagai perkara yang badihi. Jelas dan tak butuh definisi. Menurut Suhrawardi,
jika wujud tak butuh definisi dan penjelasan, dikarenakan wujud adalah sesuatu
yang nampak, maka tak ada sesuatu yang lebih nampak dibanding...
Wednesday, October 22, 2014
ANALISA PENAFIAN SIFAT-SIFAT TUHAN
Pendahuluan
Persoalan
Tuhan tak pernah surut untuk dikaji. Bagi mereka yang tak meyakini Tuhan
berusaha membuktikan penafian keberadaan Tuhan sebagaimana yang kita saksikan
dalam argumentasi-argumentasi mereka. Sebaliknya, bagi mereka yang meyakini
Tuhan senantiasa memperbaharui argumentasi-argumentasi tentang Tuhan, baik itu
berkenaan dengan keberadaan-Nya maupun berkenaan dengan sifat-sifat-Nya. Namun
usaha kaum ateis selalu saja gagal dalam membunuh Tuhan, mereka lupa bahwa
jalan menuju Tuhan sebanyak nafas manusia. Jalan terbaik menuju...